Petunjuk Penulisan

A. UMUM

  1. Cara mengoperasikan sistem OJS dapat mengacu pada halaman ini
  2. Buletin Pos dan Telekomunikasi hanya menerima naskah yang ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
  3. Penulis harus mendaftar sebagai pembaca terlebih dahulu. Untuk menjadi penulis, dapat mengiriman surat elektronik kepada redaksi[at]bpostel.com dengan subjek "ACTIVATE MY ROLE AS AUTHOR".
  4. Pengiriman dan pemrosesan artikel tidak dikenakan biaya.
  5. Penulis harus menyatakan bahwa naskah/karya ilmiah yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan dan tidak akan dipublikasikan pada media lain. Borang pernyataan etika dapat ditemukan di sini.
  6. Penulis menyetujui bahwa naskah/karya ilmiah adalah berdasarkan lisensi Creative Common Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0.
  7. Pengiriman naskah disertakan dengan nama penulis, nama dan alamat afiliasi, nomor telepon, faks, dan surat elektronik yang valid.
  8. Penerimaan atau penolakan naskah akan dinotifikasikan melalui surat elektronik. 
  9. Kebijakan Review. Setiap artikel/naskah akan melalui proses double-blind review. Penerimaan atau penolakan berada di bawah ketentuan berikut:
    • Topik dari pengajuan naskah berdasarkan ruang lingkup pada Buletin Pos dan Telekomunikasi,
    • Pemenuhan standar/persyaratan dari publikasi, terutama dinyatakan dalam panduan ini
    • Kontribusi penelitian terhadap masyarakat, perkembangan teknologi dan kebijakan pada bidang Pos dan Telekomunikasi.

B. ISI NASKAH

  1. Template. Persiapkan dan kirimkan naskah Anda pada template yang tersedia, dapat ditemukan di sini.
  2. Naskah. Naskah tidak melebihi 16 pages, dan dalam format Microsoft Office (.doc/.docx). Naskah harus ditulis dengan perangkat lunak pemrosesan kata pada kertas ukuran A4. Penulis dapat mengikuti aturan untuk ukuran dan tipe huruf, spasi, dan gaya penulisan pada template yang tersedia.
  3. Judul, Abstrak, Kata Kunci
    • Judul, abstrak, dan kata kunci harus ditulis dalam dua bahasa. Jika tidak ada satu pun penulis yang berbahasa ibu Indonesia, Anda diperbolehkan untuk mengosongkan abstrak dalam bahasa Indonesia.
    • Judul ditulis dengan menggunakan tipe huruf Times New Roman, ukuran 16, tebal, rata kiri.
    • Abstrak terdiri dari tidak lebih dari 200 kata, tipe huruf Times New Roman, ukuran 9, 1 spasi, mengandung esensi artikel dan termasuk latar belakang yang ringkas, tujuan, metode, dan hasil dari temuan studi. Abstrak ditulis dalam satu paragraf.
    • Kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebanyak 3--5 kata/frase dan terdiri dari kata/frase yang penting dari artikel.
  4. Nama penulis, afiliasi, alamat afiliasi, dan alamat surat elektronik harus ditulis secara jelas, termasuk nama Negara dari alamat afiliasi Anda.
  5. Pengantar. Bagian ini mencakup latar belakang yang cukup, permasalahan dan tujuan. Hindari survei kepustakaan yang mendetail atau ringkasan dari hasil penelitian. Bagian ini menjelaskan bagaimana Anda memaparkan permasalahan dan menyatakan tujuan studi Anda secara jelas.
  6. Review Kepustakaan/Karya terkait/desktop study. Bagian ini mencakup segala hal yang terkait dengan karya tulis. Anda bisa memasukkan karya ilmiah lain yang serupa atau terkait dengan karya ilmiah Anda.
  7. Metode Penelitian. Buletin Pos dan Telekomunikasi merupakan jurnal ilmiah. Oleh karena itu, metode penelitian yang digunakan harus merupakan metode ilmiah dalam bentuk studi kepustakaan, observasi, survei, wawancara, Focus Group Discussion, pengujian sistem atau simulasi, atau teknik lainnya yang lazim digunakan di dalam dunia penelitian. Selain itu, teknik analisis sebaiknya dijabarkan secara ringkas dan jelas, sehingga dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca.
  8. Hasil dan Diskusi. Hasil penelitian harus jelas, ringkas, dan tidak dalam bentuk data mentah. Diskusi harus mengeksplorasi pentingnya hasil penelitian, dengan tidak mengulang. Penulis harus menghindari sitasi yang banyak dan pembahasan kepustakaan yang telah dipublikasikan. BPostel akan mengerjakan pemformatan akhir karya tulis Anda.
  9. Kesimpulan. Kesimpulan harus menggiring pembaca pada bagian penting dari karya tulis Anda. Penulis diperbolehkan memasukkan saran atau rekomendasi pada bagian ini. Sebaiknya, kesimpulan, saran, dan/atau rekomendasi ditulis dalam bentuk naratif (hindari menggunakan poin-poin dan penomoran).
  10. Ucapan Terima Kasih. Penulis disarankan menuliskan terima kasih kepada orang dan/atau organisasi yang telah membantu penulis. Ucapan terima kasih kepada sponsor dan pendukung finansial harus dimasukkan pada bagian ini. Jika terdapat banyak pihak yang perlu diberikan ucapan terima kasih, maka ucapan terima kasih tersebut dapat dinyatakan dalam satu paragraf. Penulis sebaiknya menghindari menggunakan poin-poin dan penomoran pada bagian ini.
  11. Daftar Pustaka (contoh dapat dilihat di bawah)
    • BDaftar pustaka harus ditulis dalam format APA-Style dan disarankan untuk menggunakan aplikasi pengaturan referensi, seperti Mendeley, Zotero, EndNote, dan lainnya. Penjelasan lebih lanjut mengenai APA-Style dapat dilihat di sini
    • Jumlah referensi tidak kurang dari 10, dengan minimal 8 referensi utama. Referensi utama mencakup jurnal, tesis, disertasi, dan semua bentuk laporan penelitian. Seluruh referensi harus diambil dari sumber yang dipublikasikan selama 7 tahun terakhir.
    • Jika referensi diambil dari Internet, penulis tidak diperbolehkan melakukan sitasi referensi dari Wikipedia, blog pribadi, atau situs nonilmiah. Situs harus terpercaya. 
    • Daftar pustaka harus disajikan dengan nama penulis mengurut naik.
    • Penulis tidak diperbolehkan memasukkan referensi dalam bentuk catatan kaki atau catatan akhir.
  1. Lampiran (jika ada)
  1. Aturan Tambahan
  1. Heading. Penulis diperbolehkan untuk menulis heading hingga tingkat 3, dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Heading 1: Times New Roman 11, tebal, rata kiri
    • Heading 2, Heading 3: Times New Roman 11, rata kiri
    • Penomoran menggunakan penomoran Arab dengan format berikut:

                      1. (Style : BPostel Heading 1)
                      1.1 (Style : BPostel Heading 2)
                      1.1.1 (Style : BPostel Heading 3)

          Jika Anda membutuhkan gaya penomoran tambahan, dapat mengacu pada aturan ini:

           a.

              1).

                   a).

                   b).

              2).

           b.

           Penulis dilarang menggunakan poin-poin atau “bullets” pada keseluruhan naskah.

  1. Gambar. Setiap gambar/grafik harus disertai dengan nomor gambar yang menunjukkan urutan dari gambar tersebut. Nomor gambar tidak mencakup nomor bab (misal: Gambar 1, Gambar 2, dan seterusnya). Penomoran dan judul dapat dituliskan di bawah gambar/grafik terkait dan rata tengah. Sumber gambar/grafik dituliskan di dalam tanda kurung setelah judul.

  2. Tabel. Setiap tabel harus disertai dengan nomor tabel sesuai urutan tabel. Nomor tabel tidak termasuk nomor bab (misal: Tabel 1, Tabel 2, dll.). Nomor dan judul tabel ditulis di atas tabel dan diletakkan di tengah (center justified). Tabel disajikan tanpa garis vertikal. Sumber tabel ditempatkan di bawah tabel dan ditulis dari sebelah kiri (Left Justified). Isi tabel harus dapat diedit dan tidak dalam bentuk gambar.

  1. Persamaan / Formula Matematika. Persamaan matematis harus ditulis dengan jelas, dan harus diberi nomor tanpa menyertakan jumlah bab dan dilengkapi dengan informasi (keterangan).
  1. Berikut ini adalah contoh penulisan bibliografi dalam gaya APA

Buku (1 penulis)

Latan, H. (2012). Structural Equation Modeling, Konsep dan Aplikasi menggunakan program Lisrel 8.80 (Kesatu., p. 37). Bandung: CV Alfabeta.

Buku (lebih dari 1 penulis)

Sarwono, J., & Budiono, H. (2012). Statistik Terapan, Aplikasi Untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi menggunakan SPSS, AMOS dan Excel (Kesatu., p. 56). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Terjemahan

Cushing, B.E (1991). Sistem Informasi Akuntansi dan Organisasi Perusahaan. Edisi ke 3. Diterjemahkan oleh : Kosasih. Jakarta : R. Erlangga

Tesis, Disertasi

Basit, A. (2009). Dimensioning of LTE Network Description of Models and Tool , Coverage and Capacity Estimation of 3GPP Long Term Evolution radio interface. Helsinki University of Technology.

Jurnal (versi cetak)

Ariansyah, K. (2013). Proyeksi Pertumbuhan Jumlah Pelanggan Radio Trunking Terrestrial dengan Analisis Runtun Waktu. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 11(1), 77–92.

Jurnal (versi online)

Ariansyah, K. (2015). Estimasi kebutuhan spektrum untuk memenuhi target rencana pita lebar Indonesia di wilayah perkotaan. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 13(2), 115–132. doi:10.17933/bpostel.2015.130202

Prosiding

Liu, Y., Yan, S., & Yang, O. (2012). Cooperative Spectrum Detection Technology. In Proceedings of the 2nd International Conference on Computer Application and System Modeling (pp. 324–327). Paris, France: Atlantis Press. doi:10.2991/iccasm.2012.81

Dokumen Online

Creswell, J. W. (2003). Research Design : Qualitative, Quantitative. and Mixed Methods Approaches. Sage Publications, Inc. Sage Publications, Inc. Retrieved September 12, 2013, from http://isites.harvard.edu/fs/docs/icb.topic1334586.files/2003_Creswell_A Framework for Design.pdf

Website

McCall, T. (2015). Understanding the Chief Data Officer Role. Retrieved November 15, 2015, from http://www.gartner.com/smarterwithgartner/understanding-the-chief-data-officer-role/