Copyedit

Tahap copyediting dimaksudkan untuk memperbaiki alur naskah, kejelasan, tata bahasa, kata-kata, dan format artikel. Ini merupakan kesempatan terakhir bagi penulis untuk melakukan perubahan besar pada naskah karena tahap berikutnya dibatasi untuk kesalahan ketik dan koreksi format.

Terdapat tiga tahapan copyedit, yaitu (klik pada salah satu tahapan berikut sesuai dengan tahapan):

1. Initial copyedit (oleh copyeditor)

2. Author copyedit (oleh penulis)

3. Final copyedit (oleh copyeditor)

 

A. Initial copyedit (oleh Copyeditor)

  1. Log in dengan akun copyeditor anda dan buka halaman editing dari naskah yang ditugaskan kepada anda.

      Gambar 1

  2. Pada bagian "Initial Copyedit" seperti pada Gambar 1, terdapat file yang dapat diunduh. Unduh file tersebut dan buka dengan aplikasi pengolah kata.
  3. Aktifkan fitur "Track Changes" pada aplikasi pengolah kata anda. Pada Ms Word 2010 dan 2013, fitur tersebut ada pada menu "Review". Hal ini dilakukan agar setiap perubahan yang dilakukan terekam dan tertandai, sehingga peran lain yang terlibat pada proses copyediting dapat mengetahui bagian mana dan apa saja yang diubah.

      Gambar 2

  4. Copyediting dilakukan dari awal sampai akhir naskah. Jika ada yang perlu dikoreksi/diubah, lakukan perubahan langsung pada file. Simpan file setelah copyedit selesai.
  5. Upload file yang telah di copyedit dengan mengklik tombol "Browse" pada bagian "Initial copyedit" kemudian klik tombol "Upload".
  6. Klik icon berbentuk kotak dibawah tab "COMPLETE" (pada Gambar 1)dan kirim email untuk memberitahu bahwa proses "Initial copyedit" telah selesai.

B. Author copyedit (oleh Penulis)

  1. Log in dengan akun author/penulis anda dan buka halaman editing dari naskah anda.

      Gambar 3

  2. Pada bagian "Initial Copyedit" seperti pada Gambar 3, terdapat file yang dapat diunduh. Unduh file tersebut dan buka dengan aplikasi pengolah kata.
  3. Aktifkan fitur "Track Changes" pada aplikasi pengolah kata anda (lihat Gambar 4 No.(1)). Pada Ms Word 2010 dan 2013, fitur tersebut ada pada menu "Review". Hal ini dilakukan agar setiap perubahan yang dilakukan terekam dan tertandai, sehingga peran lain yang terlibat pada proses copyediting dapat mengetahui bagian mana dan apa saja yang diubah.

      Gambar 4

  4. Pada dropdown (Gambar 4 No. (2)) pastikan yang terpilih adalah "Final: Show Markup".
  5. Lihat hasil editing yang telah dilakukan oleh Copyeditor dari awal sampai akhir naskah. Klik pada setiap perubahan yang telah dilakukan copyeditor, dan klik "Accep" atau "Reject" pada Gambar 4 No. (3).
  6. Simpan file dan upload file yang telah di copyedit dengan mengklik tombol "Browse" pada bagian "Author copyedit" kemudian klik tombol "Upload".
  7. Klik icon berbentuk kotak dibawah tab "COMPLETE" pada bagian "Author Copyedit" (pada Gambar 3)dan kirim email untuk memberitahu bahwa proses "Author copyedit" telah selesai.

C. Final copyedit (oleh Copyeditor)

  1. Log in dengan akun copyeditor anda dan buka halaman editing dari naskah yang ditugaskan kepada anda.

      Gambar 5

  2. Pada bagian "Author Copyedit" seperti pada Gambar 5, terdapat file yang dapat diunduh. Unduh file tersebut dan buka dengan aplikasi pengolah kata.
  3. Pastikan pada dropdown pada Gambar 4 No. (2) yang terpilih adalah "Final: Show Markup".
  4. Lihat hasil copyedit dari Author.
  5. Lihat komentar dari Author dengan mengklik icon "Copyedit comment" (lihat pada Gambar 5 paling bawah), jika ada.
  6. Setelah tahapan ini selesai, harus dipastikan naskah bersih dari jejak copyediting (yang sebelumnya muncul karena mengaktifkan "Track Changes").
  7. Simpan dan upload file final dengan mengklik tombol "Browse" pada bagian "Final copyedit" kemudian klik tombol "Upload".
  8. Klik icon berbentuk kotak dibawah tab "COMPLETE" (pada Gambar 5)dan kirim email untuk memberitahu bahwa proses "Final copyedit" telah selesai.